Rahasia Membuat Tulisan Yang Menarik dan Menjual

Rahasia Membuat Tulisan Yang Menarik dan Menjual – Setiap penulis pasti menginginkan karya-karyanya selalu menarik minat para pembaca, dan memiliki daya saing yang tinggi, Sehingga tulisan yang kita buat tidak akan menjadi sia-sia hanya karena kita tidak tau Cara Menulis Yang Menarik dan Menjual. Maka dari itu disini saya akan membagikan pengalaman saya menulis yang menarik dan menjual supaya bisa bermanfaat bagi kita semua dengan adanya artikel ini.

Kira-kira, apa ya rahasianya?

Mudah saja; Berlatih dan Kreativitas.

Klise memang. Namun, dua kata tersebut mampu membuat kamu menjadi penulis hebat jika diterapkan sebagaimana mestinya.

Berikut penjelasannya!

BERLATIH

Membuat tulisan yang menarik, berarti kamu harus banyak BERLATIH. Banyak sekali penulis yang tulisan-tulisannya bagus karena mereka sering berlatih terus-menerus.

Kadang, ada juga penulis yang tulisannya bagus  tetapi ia jarang nulis dan dan jarang baca … tetap saja, tidak ada penulis yang hebat tanpa berlatih menulis dan membaca terus-menerus.

Dengan membaca otak kamu akan terbiasa berpikir, wawasanmu bertambah, memperluas pemikiran dan pandangan, sedemikian rupa muncul ide-ide luar biasa, tentunya menjadikan tulisanmu bisa dilirik oleh banyak orang.

Sedangkan menulis, akan membuat kemampuan menulis kamu semakin terasah dan mumpuni, kamu bisa menjadi lebih peka akan isi dari tulisanmu, menjadi refleksi ke depannya menjadi lebih baik lagi. Khususnya bagi penulis pemula, yang mana pengen tulisannya bagus, tapi malas baca riset. Akhirnya tulisannya miskonsepsi dan cacat logika.

Oleh karena itu, jika kamu ingin tulisanmu disukai banyak orang, alur ceritamu mengalir, mudah dipahami pembaca—hingga dapat merasakan seperti apa  yang kamu tuliskan, menguasai PUEBI, paham kata baku dan tidak baku, dan lain sebagainya … kuncinya cuma dua hal; rajinlah berlatih membaca dan menulis.

KREATIVITAS

Membuat tulisan yang menjual, itu berarti kamu harus mempunyai KREATIVITAS.

Dalam hal ini, bukan hanya kemampuan menulis yang perlu ditingkatkan, kreativitas self branding dan marketing juga faktor penting.

Sebut saja kamu menulis cerita fiksi yang luar biasa, alurnya bagus, premisnya unik, banyak diksi yang digunakan, namun ceritamu sepi pembaca. Nah, sedihkan?

Oleh karena itu, mulailah branding  dirimu dan asah kemampuan memasarkan (marketing) karya-karyamu sendiri.

Banyak faktor yang melingkupi kreativitas itu sendiri, seperti; Judul dari tulisan, baground atau latar belakang penulis (untuk fiksi gak penting-penting amat), skill menulis yang dimiliki, diksi yang dikuasai, dan kemampuan marketing.

Jika kamu mampu meningkatkan kualitas dari beberapa hal tersebut, tulisanmu bisa memiliki daya jual yang tinggi di pasaran literasi.

Itulah rahasia bagaimana membuat tulisan yang menarik dan menjual. Tentu saja jika bertanya pada individu lainnya, jawabannya akan berbeda dari poin-poin yang saya sampaikan.

Meskipun pemula, jadilah penulis yang expert, yang mampu terus-menerus berusaha.

Sekian artikel dari saya yang membahas tentang Rahasia Membuat Tulisan Yang Menarik dan Menjual jika ada pertanyaan silahkan kalian tulis komentar dibawah. Terimakasih, Semoga Bermanfaat 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak